Menampilkan Sisa Invoice Setelah Uang Muka / Down Payment di Template Faktur Penjualan

Berikut cara memodifikasi tampilan faktur penjualan agar total yang tampil adalah nilai setelah dikurangi down payment / Uang Muka.
Untuk setingan template sebelum build 3839 silakan lakukan hal berikut;

Copy variable data qryDP yang ada di faktur penjualan default, dari menu laporan > rancangan formulir > faktur penjualan double klik template default lalu klik desain manual, setelah terbuka ke tab data copy qryDP seperti tampilan diatas.


Setelah itu buka form template / rancangan faktur penjualan yang akan dimunculkan nilai sisa dikurangi DP-nya, ke desain manual lalu ke tab Data, paste variable data qryDP yang dicopy dari template default tadi.

Setelah itu klik menu Laporan > Variable cari variable “Down Payment” yang ada dalam folder Invoice ekspresi yang tadinya <qryARINV.”PAYMENT”> diganti menjadi <qryARInv.”BRUTOUNITPRICE”> lalu klik ceklist warna hijau untuk menyimpan setingan ekspresi variable tersebut.

Tambahkan objek untuk kolom DP dengan mengklik Obyek Teks yang ada disamping kiri (simbol huruf A), beri judul misalnya Down Payment lalu satu kolom lagi untuk variablenya yang isinya [Down Payment] diambil dari sisipkan ekspresi panggil variable Down Payment.

Lalu untuk kolom Jumlah / Grand Total yang tadinya isi variablenya isinya [Invoice Amount] ganti menjadi [<Invoice Amount>-<Down Payment>]  . Setelah itu klik tombol disket atau menu File > Simpan untuk menyimpan editan templatenya. Setelah keluar Ok-kan kembali.

Jika template create baru dari build 3839 tinggal ubah variable kolom jumlah / Grand Total yang tadinya isi [Invoice Amount] ganti menjadi [<Invoice Amount>-<Down Payment>]

Apabila menggunakan variable Say / Terbilang maka sebelum diprint silahkan klik tombol edit halaman (simbol kertas dan pensil seperti digambar) ganti kata2 terbilangnya, karena terbilang yang tampil adalah terbilang dari total di invoice. Setelah diedit klik tombol keluar jika muncul konfirmasi “Simpan perubahan ke halaman priview ?” konfirmasi Yes, agar editan tersimpan. Maka tampilan setingan tadi akan menghasilkan seperti ini.

Setelah Ok semua, print invoicenya.