Software Accounting Penting Untuk Perusahaan Baru

Software Accounting Penting Untuk Perusahaan Baru

Software akuntansi penting sekali untuk perusahaan baru. Mengapa? Karena perusahaan yang baik ditunjang dengan pengelolaan keuangan yang baik pula. Jika perusahaan sudah menggunakan software accounting sejak awal operasional dilakukan, maka penggunaan software accounting tersebut menjadi sangat maksimal. Pasalnya, setiap akun yang didaftarkan sudah dikelola dengan baik sesuai dengan fungsi keuangannya. Pemilik perusahaan juga dengan mudah melakukan strategi-strategi bisnis terkait dengan pengembangan perusahaan. Mempersiapkan item-item awal yang akan dijadikan sebagai dasar pengisian neraca saldo yang akan diinput ke dalam software accounting merupakan hal yang membutuhkan fokus yang baik. Untuk sebagian orang yang memiliki mobilitas yang tinggi, hal tersebut cukup merepotkan. Mereka akan cenderung bekerja sama dengan pihak ketiga (konsultan) untuk mempersiapkan item-item tersebut. Cara ini dipilih agar strategi yang sudah direncanakan dapat berjalan sesuai dengan tenggat waktu yang ditetapkan.

Berikut adalah pertimbangan sistem akuntansi sangat dibutuhkan oleh perusahaan kecil/baru:

1. Mengapa pembukuan yang tepat sangat penting bagi keberhasilan bisnis kecil

Mengerjakan pembukuan yang tepat sangat penting dalam membangun dan mempertahankan bisnis yang sukses. Salah satu fungsi utama mereka adalah untuk membuat anggaran untuk perusahaan Anda. Anggaran adalah perkiraan pengeluaran dan pendapatan perusahaan dalam satu periode waktu di kemudian hari (misalnya 3 bulan, 6 bulan, 1 tahun kedepan, dll).

Sangat penting bagi pemilik usaha untuk mempersiapkan anggaran berkala dalam rangka:

1) Lebih baik mengelola arus kas

2) Merencanakan pengeluaran biaya yang teratur (misalnya untuk melunasi hutang bank)

3) Bantuan dalam mengalokasikan sumber daya perusahaan

4) Tetapkan target untuk pendapatan dan laba

Selain menyiapkan anggaran, Anda sebagai pemilik bisnis, harus meninjau hasil aktual perusahaan Anda terhadap anggaran untuk melihat apakah target keuangan telah dicapai dan apakah ada ruang untuk perbaikan.

2. Manfaat meninjau laporan keuangan perusahaan

Sangat penting untuk meninjau kinerja keuangan (yaitu profitabilitas) bisnis Anda setidaknya per triwulan dengan pembukuan Anda sehingga Anda dapat:

1) Mengukur keuntungan atau kerugian bisnis.

2) Mengidentifikasi area untuk peningkatan penjualan.

3) Secara proaktif mencari peluang penghematan biaya.

4) Mengukur hasil keuangan Anda terhadap pesaing Anda.

5) Melacak kinerja keuangan perusahaan Anda terhadap target Anda.

Ini kedengarannya sangat baik dan hebat, tapi untuk apa Anda harus peduli tentang akuntansi jika bisnis Anda memiliki saldo kas yang sehat-sehat saja selama ini? Nah, Anda harus peduli karena akuntansi akan membantu Anda mengetahui apabila keuntungan Anda ada terjadi penurunan, apakah ada tanda-tanda kemerosotan penjualan di kemudian hari, dan apakah uang Anda akan habis dalam waktu dekat.

Tentang Author:

Rachma
Admin Marketing

Hasil gambar untuk easy accounting system
PT. GLOBAL INFORMASI FORTUNA TEKNOTAMA
Mall Ambassador Lt. 1 No 40
Jl Prof. DR. Satrio Kav 8 Kuningan
Jakarta Selatan
Tlp. Support   : (021) 58908467/68  Tlp. Marketing : (021) 579 396 08
www.easyambassador.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *