Software Akuntansi – Sistem Akuntansi dan Hubungannya Dengan Keuangan

Software Akuntansi – Sistem Akuntansi dan Hubungannya Dengan Keuangan

Software Akuntansi*** Untuk mempersingkat akan langsung di jelaskan inti dari apa itu sebenarnya akuntansi sekaligus apa kaitannya dengan keuangan. Pada dasarnya, akuntansi adalah mengelompokan (classifying), mengukur (measuring), merekam atau mencatat, dalam bahasa teknisnya akuntansi disebut melakukan ‘pengakuan (recognizing)’, dan melaporkan (reporting), segala aktivitas keuangan di dalam perusahaan dari awal hingga akhir periode. Siklus-akuntansi

Hubungan keuangan dan akuntansi dapat di ilustrasikan dalam kasus sederhana berikut ini :

  1. Saat Penggalangan Uang (pengumpulan modal)

Pada saat terjadi proses penggalangan uang untuk keperluan modal, pastinya akan dicatatkan ke dalam dokumen-dokumen, entah itu berupa proses kredit atau pencetakan lembar saham. Nah tugas seorang karyawan di bagian akuntansi akan memilah-milah dokumen tersebut lalu kemudian melakukan penghitungan (measuring) seberapa besar dana yang bersumber dari pinjaman (debt) dan seberapa besar pula dana yang berasal dari penerbitan/penjualan saham (equity). Selanjutnya melakukan pengakuan (recognizing) yang diwujudkan dengan aktivitas pencatatan ke dalam sistem keuangan (software akuntansi atau MRP) perusahaan. Dan, sekatu-waktu semua aktivitas di fase ini akan disajikan ke dalam bentuk laporan.

  1. Saat Uang Dialokasikan dan Dipergunakan

Saat perusahaan sudah mulai beroperasi dan mempergunakan uang sesuai dengan alokasi anggaran (budget) yang telah dibuat. Maka proses pengalokasian dilakukan dengan mengeluarkan uang yang ada untuk berbagai keperluan : untuk pembelian aset, modal kerja, administrasi umum dan pemeliharaan. Uang yang keluar tersebut didokumentasikan, lalu akan dipiliah-pilah, dihitung, dicatat dan dilaporkan oleh bagian akuntansi. Demikian juga aset yang datang lalu dipergunakan juga didokumentasikan, diklasifikasikan, dihitung, dicatat dan dilaporkan.

  1. Saat Menghasilkan Uang

Menghasilkan uang dalam hal ini tentunya bukan berarti mencetak uang. Melainkan mulai dari proses produksi (untuk manufaktur) atau aktivitas menawarkan jasa untuk perusahaan bidang jasa yang akan dijual kepada konsumen dan pelanggan, hingga terbayarkan sehingga menghasilkan uang. Semua proses tersebut juga didokumentasikan, lalu diukur, dicatat dan dilaporkan oleh bagian akuntansi. Semua proses yang dijalankan oleh bagian akuntansi inipun bersiklus, mengikuti standar siklus keuangan yang diterapkan oleh perusahaan.

Tidak seperti aktivitas di keuangan yang tidak menggunakan standar tertentu, di bagian akuntansi semua aktivitas dilakukan berdasarkan standar akuntansi tertentu disesuaikan dengan wilayah yurisdiksinya (kewenangan). Misalnya, para akuntan di Indonesia menggunakan prinsip PSAK (Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan) yang dibuat oleh Ikatan Akuntan Indonesia IAI) dan disahkan pula oleh Dewan Standar Akuntansi Indonesia (SAI). Untuk tingkat global, para akuntan biasanya menggunakan standar keuangan global, International Accounting Standard (IAS), yang teknis pelaporannya saat ini menggunakan apa yang disebut dengan International Financial Reporting Standard (IFRS) hasil buatan dari International Accounting Standard Board (IASB) yang berbasis di London (Inggris).

Penggunaan standar menjadi sangat krusial di wilayah akuntansi, tidak lain dikarenakan adanya banyak pihak yang berkepentingan. Bukan hanya untuk internal manajemen perusahaan itu sendiri, tetapi juga untuk pihak-pihak di luar perusahaan (pemerintah, kreditur dan investor termasuk pemegang saham).

Sehingga secara keseluruhan, dibandingkan dengan bagian keuangan, jelas bagian akuntansi sifatnya lebih teknis. Itu sebabnya bagian akuntansi menjadi lebih bersifat kompleks dan rumit daripada bidang keuangan (finance).

Software Akuntansi Easy Accounting System

Software akuntansi memang dirancang untuk memudahkan dalam penghitungan keuangan, informasi dan pelaporan. Dengan bantuan software akuntansi pekerjaan seorang akuntan menjadi lebih mudah dan efektif dibandingkan dengan mengerjakan secara manual.

Akhir kata dapat kita simpulkan bahwa software membantu membuat kerja kita menjadi lebih mudah dan efisien.

Jadi, sudahkan perusahaan Anda menggunakan Software Akuntansi?

Software Akuntansi Yang Terbaik yaitu EASY Accounting System dimana terdapat banyak sekali fitur yang dapat memudahkan Anda untuk membuat laporan keuangan secara valid.

Software Akuntansi Laporan Keuangan

Berikut merupakn beberapa Fitur Software Akuntansi Easy Accounting System yang tidak dimiliki oleh Software Akuntansi Lain :

Untuk Informasi Lebih Lanjut mengenai  EASY yang cocok dengan Perusahaan Anda atau Demo  EASY di Kantor Anda, Silahkan Menghubungi :

Saifullah
Mall Ambassador Lt. 1 No. 40
Jl. Prof. Dr. Satrio Kav 8 Kuningan, Jakarta Selatan
Telp : 021-57939608/09
SMS  : 0838 74857532

Marketing@easyambassador.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *