Penyebab Kegagalan Dalam Berbisnis

Software Akuntansi – Apa Saja Penyebab Kegagalan Dalam Berbisnis

Software Akuntansi***

why-business-fail

Memulai suatu usaha hingga mencapai sukses memang bukanlah hal yang mudah. Tidak jarang seorang pengusaha mengalami kegagalan hingga berkali-kali sebelum mencapai kesuksesan.

Hal tersebut mungkin saja bersumber dari beberapa kesalahan-kesalahan yang tanpa disadari telah dilakukan oleh para pengusaha pemula yang belum begitu faham dan berpengalaman dalam mengawali suatu bidang bisnis tertentu yang sedang berkembang saat ini, mereka belum menyadari akan kesalahan besar apa yang telah mereka lakukan saat sedang menjalankan bisnis mereka tersebut.

Berikut ini akan dibahas beberapa kesalahan yang umumnya akan dilakukan oleh pengusaha pemula, sehingga sedini mungkin Anda mengambil hikmah dan mempelajari untuk solusinya dari pelajaran kegagalan yang pernah mereka alami sebelumnya :

  1. Memilih Bidang Usaha Yang Hanya Ikut-Ikutan Trend Saja

Hal ini seringkali dijumpai pada trend masa ini. Banyak sekali kita melihat di media masa/berita online maupun jejaring social, suatu usaha yang masih baru dan sempat booming dan sukses yang kemudian dicontoh pula oleh para followersnya yang ikut-ikutan membuka usaha di bidang yang sama. Dan banyak dari followers tersebut yang kemudian gulung tikar karena tidak menguasai bidang usaha tersebut.

Tentu ini menjadi suatu kesalahan fatal yang terjadi secara massal, karena Anda merintis usaha yang hanya karena latah atau hanya sekedar ikut-ikutan trend pasar dalam berbisnis. Kesalahan ini sangatlah perlu untuk Anda hindari sesegera mungkin, sebab Anda hanya akan banyak menghadapi kesulitan yang akan muncul di kemudian hari. Jika Anda sedang mencoba untuk memilih satu bidang usaha yang Anda sendiri belum memahami seluk beluk dari bisnis yang akan Anda bangun, serta tidak memiliki ketertarikan atau bahkan passion (gairah) di trend bisnis tersebut.

  1. Minim Visi dan Misi

Ketika Anda sudah mulai membulatkan tekad, memutuskan untuk segera terjun ke dalam dunia bisnis, setidaknya Anda harus memiliki visi dan misi yang jelas, dalam menentukan arah dan tujuan dari bisnis yang sedang Anda bangun saat ini. Hal ini yang paling sering dilupakan oleh para pemula yang ingin memulai suatu bidang bisnis tertentu. Sebagian besar dari pebisnis pemula sejak dari awal hanya sekedar memikirkan keuntungan jangka pendek yang akan di dapat dari berbisnis tersebut, tanpa pernah sedikitpun memikirkan tentang visi dan misi jangka panjang yang akan diraih dikemudian hari. Tanpa kedua hal kunci kesuksesan tersebut (Visi dan Misi), maka bisa dipastikan bila bisnis Anda tidak akan bisa bertahan lama dan hanya akan jalan ditempat saja tanpa pernah mengalami pertumbuhan maupun perkembangan yang cukup signifikan.

  1. Kurang Tekun Dalam Mengelola Usaha Yang Sedang Di Rintis

Ketekunan dalam mengelola suatu usaha adalah salah satu syarat terpenting yang sangat menentukan kemajuan atau kesuksesan suatu bisnis yang dikelola. Selalu pastikanlah bahwa Anda mampu merekrut SDM (Sumber Daya Manusia) yang tepat dalam membantu menjalankan bisnis yang Anda kelola saat ini dan mampu memastikan kondisi arus kas bisnis Anda dapat berjalan dengan baik serta memiliki strategi tersendiri dalam menghadapi persaingan bisnis yang sewaktu-waktu dapat mengancam kemunduran bisnis yang sedang Anda rintis saat ini.

  1. Belum Siap Untuk Menghadapi Lonjakan Permintaan Pasar

Lonjakan permintaan pasar meskipun bukan merupakan suatu ancaman bagi perkembangan bisnis Anda, namun setidaknya perlu juga untuk Anda waspadai jika sewaktu-waktu dapat menjadi bumerang yang setiap saat bisa menyerang kembali tentang keberadaan yang Anda kelola, ini juga akan menjadi masalah jika saja para pengusaha pemula yang belum terlalu siap untuk menghadapi lonjakan permintaan dari pasar, sehingga hal ini dapat mengakibatkan para pengusaha pemula yang mengalami banyak kegagalan usaha justru ketika bisnisnya sudah mulai meningkat. Karena pada umumnya kebanyakan dari para pengusaha pemula ada yang belum tentu siap untuk menghadapi pertumbuhan bisnis dalam waktu yang relatif cukup singkat, sehingga mereka masih kesulitan menangani lonjakan konsumen yang begitu besar, membangun saluran distribusi baru, serta kewalahan dalam memperluas peluang bisnis untuk bisa menangani ledakan permintaan yang besar setiap harinya. Oleh karenanya Anda sangat perlu untuk mempersiapkan dan memikirkan segala sesuatunya secara matang dalam usaha Anda untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan yang dapat terjadi tersebut.

******

Software Akuntansi – EASY Accounting System

Software Akuntansi EASY Accounting System adalah Software Akuntansi Keuangan yang dapat memudahkan Akuntan perusahaan dalam mengelola membantu menyajikan Laporan keuangan.

Di Era Teknologi seperti sekarang ini, semua harus serba cepat, termasuk kebutuhan akan Neraca maupun Laporan Laba / Rugi, yang dimana sangat dibutuhkan managemen dalam menganalisa Peluang Pasar karena perubahan kondisi ekonomi sekarang sangatlah cepat. Untuk itu, dalam sebuah perusahaan dibutuhkan Akunting yang handal dan juga cepat yang dapat menyajikan Laporan Keuangan Perusahaan dengan cepat dan juga tepat.

EASY ( EASY ACCOUNTING SYSTEM ) hadir untuk memenuhi kebutuhan tersebut, karena EASY adalah Software Akuntansi yang memudahkan perusahaan terutama Akunting dalam mengelola transaksi, perubahan kas, piutang, hutang, hingga menjadi sebuah laporan hanya dalam hitungan DETIK.

Jika anda memang menginginkan:

  • Buku Besar, hanya dengan menjurnal transaksi harian, laporan – laporan keuangan secara otomatis telah tersedia, termasuk budget perkode perkiraan, Laporan Keuangan yang REALTIME.
  • Persediaan barang yang mencakup laporan stock, penjualan dan pembelian yang terintergrasi dengan buku besar dan laporan lainnya, cetak kwitansi/Faktur/Faktur Pajak, daftar harga, Purchase Order, Sales Order, pengendalian beberapa gudang, konsinyasi keluar, analisa pembelian dan penjualan dasar barang, langganan dan sales. Menganut sistem standart FIFO.
  • Hutang dan piutang dagang, termasuk laporan tagihan, statement of account dan aging schedule.
  • Giro Mundur masuk, keluar dan giro tolak.
  • Aktiva Tetap.
  • Job Costing.
  • Laporan keuangan konsolidasi (Pusat dan cabang cabang).
  • Laporan Project Costing (laba rugi per proyek) untuk Perusahaan konstruksi.
  • Program Management Building untuk Perusahaan Pengelola Gedung.
  • Dealer dan Workshop untuk showroom dan service.

seasonal-sky-wide

Untuk Informasi Lebih Lanjut mengenai EASY yang cocok dengan Perusahaan Anda atau Demo EASY di Kantor Anda, Silahkan Menghubungi :

Saifullah
Mall Ambassador Lt. 1 No. 40
Jl. Prof. Dr. Satrio Kav 8 Kuningan, Jakarta Selatan
Telp : 021-57939608/09
SMS  : 0838 74857532

Marketing@easyambassador.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *