Software Akuntansi – Pemahaman Tentang Harga Pokok Produk dan Pemasarannya

Software Akuntansi – Pemahaman Tentang Harga Pokok Produk dan Pemasarannya

Software Akuntansi – Menyinggung sedikit tentang harga produk dan konsep pemasaran untuk barang penjualan produksi. Kita bisa menentukan harga dan merangkai strategi pemasaran berdasarkan pada hasil dari riset pemasaran yang telah kita peroleh.

price-image

***Penetapan Harga Produk***
Bisa kita peroleh dengan memperhatikan beberapa hal berikut ini :

1.HPP (Untuk Produsen) HPP bukanlah variasi dari PHP (Pemberi Harapan Palsu) melainkan Harga Pokok Produksi yang berarti nilai uang yang Anda butuhkan untuk memproduksi produk tersebut. Harus mencakup keseluruhan raw material, Packaging Material, Pengiriman Barang, Pengurusan Surat-surat/Perijinan Terkait, Gaji Karyawan, Perawatan Mesin/Alat, Biaya Komunikasi, Transportasi dan Listrik dan keseluruhan biaya yang Anda keluarkan untuk membuat/memproduksi produk tersebut.

Umumnya perhitungan HPP dilakukan untuk produk per-kilo, per-ton atau disesuaikan dengan jenis produk dan volume produksi. Mungkin akan terlalu sulit bila kita benar-benar memperinci segala kebutuhan biaya ini secara detail, maka di beberapa perusahaan menerapkan perkiraan yang agak lebih terperinci. Namun jika demikian, tetap saja merupakan tanggung jawab besar untuk menentukan HPP mendekati ketepat berdasarkan pada data yang lengkap dan benar.

Setelah itu, kita bisa menentukan harga dengan mempertimbangkan berapa persen keuntungan yang ingin kita peroleh dan poin 2 dan 3 berikut.

2. Harga Produk Pesaing (Berdasar pada hasil Riset Marketing)
Produk berkelas seperti halnya produk-produk Apple tidak akan terlalu mempermasalahkan harga produk pesaing karena mereka telah mantap berdiri dengan segala perhitungan mereka sendiri tanpa terpengaruh pada imbas produk lain. Tapi sebaiknnya kita membekali diri dengan pengetahuan harga produk pesaing sebagai bekal untuk menentukan harga produk kita sendiri. Jangan sampai kita kurang update dan kurang wawasan karena dibalik naik dan turunnya harga produk pesaing pasti ada hal lain yang perlu dipahami dan bisa dijadikan referensi.

3. Kemampuan Ekonomi Target Pasar
Kemampuan ekonomi calon pelanggan juga sebaiknya menjadi pertimbangan kita. Karena bagaimanapun seseorang akan membeli produk kita jika dia membutuhkannya dan mampu membelinya.

Bisa dikatakan bahwa target kita adalah mendapatkan keuntungan dari penjualan dan membuat pelanggan mampu dan tertarik membelinya.

***Strategi Pemasaran Produk***
Untuk Strategi Pemasaran kita juga bisa melihat pada daya beli pelanggan, mengolah distribusi misalnya dengan mendistribusikan barang dengan kualitas dan harga yang tepat kepada pelanggan yang tepat pula, berdasarkan pada iklim dan musim, peraturan pemerintah, trend, bahkan artis yang sedang naik daun bisa jadi merupakan media marketing yang terbaik.

Yang sebaiknya kita ingat adalah, bagaimana pelanggan merasa “butuh” dan “ingin” pada produk kita. Dengan data akurat hasil riset pemasaran kita dan kekreativitasan yang berbeda dari yang lain, kita bisa melakukannya.

Software Akuntansi Easy Accounting System

Bagi perusahaan yang bergerak dalam bidang Manufaktur/ Pabrikasi yang cara kerjanya masih secara manual tentu membutuhkan satu Sistem Software Akuntansi yang Akurat pencatatannya dan bisa mengakomodir mekanisme pekerjaan tersebut. Dalam hal ini, EASY Accounting System adalah sebuah produk unggulan Indonesia pada Sistem Software Akuntansi  yang memang sudah di design khusus untuk Perusahaan Manufaktur/ Pabrikasi.

Sebelumnya yang harus diketahui yaitu hal-hal yang sangat penting dalam akuntansi di sebuah perusahaan Manufaktur/ Pabrikasi meliputi:

  1. Persediaan yang terdiri dari 3 macam yaitu bahan mentah, setengah jadi dan barang jadi.
  2. Biaya Pabrikasi yang di pakai untuk proses produksi barang-barang yang sudah selesai di awal, barang-barang yang dimasukan  dalam proses produksi dan barang-barang yang baru selesai.
  3. Biaya produksi yang di masukan pada saat proses produksi.
  4. Harga pokok produksi yang merupakan biaya yang telah diselesaikan dalam proses produksi.

enterprise

Easy Accounting System memiliki fitur-fitur yang cocok untuk Perusahaan Manufaktur seperti :

  • Kontrol Stock Persedian
  • Pembelian & Penjualan
  • Laporan Penjualan
  • Assembling (Job Costing)
  • Proses Produksi (Bahan Baku, Barang Setengah Jadi, Barang Jadi)
  • Financial Statement (Neraca Saldo, Laba/Rugi, Laporan Perubahan Modal, Laporan Arus Kas, DLL)
  • Import Transaksi & Work Order dari Excel ke dalam Easy Accounting System
  • Laporan Produksi
  • Dan Fitur-Fitur Lainnya

Untuk Informasi Lebih Lanjut mengenai Software Akuntansi EASY yang cocok dengan Perusahaan Anda atau Demo Software Akuntansi EASY di Kantor Anda, Silahkan Menghubungi :

Saifullah
Mall Ambassador Lt. 1 No. 40
Jl. Prof. Dr. Satrio Kav 8 Kuningan, Jakarta Selatan
Telp : 021-57939608/09
SMS  : 0838 74857532

Marketing@easyambassador.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *