Akuntansi Perusahaan Dagang

Akuntansi Perusahaan Dagang

Akuntansi Perusahaan Dagang memiliki fungsi utama yaitu menjembatani antara produsen yang menghasilkan suatu produk tertentu dengan konsumen yang membutuhkan produk dan mempertemukan antara produsen dan konsumen, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Yang harus dilakukan Akuntansi Perusahaan Dagang adalah melakukan pembelian terhadap barang-barang yang akan dijual. Barang yang akan dijual tersebut dapat dibeli kepada produsen barang secara langsung. Aktivitas pembelian ini mengakibatkan arus barang masuk ke perusahaan. Setelah itu, untuk membeli barang-barang tersebut perusahaan harus mengeluarkan uang sebagai bukti pembayaran, baik pada saat transaksi maupun pada kemudian hari.

Akuntansi Perusahaan Dagang

Sebagai akibatnya, terjadi arus kas keluar dari perusahaan. Dengan adanya barang dagangan, perusahaan harus melaksanakan aktivitas penjualan kepada konsumen langsung atau kepada pedagang lain yang menjadi perantara. Aktivitas ini mengakibatkan arus barang keluar perusahaan. Kemudian aktivitas penjualan ini perusahaan akan memperoleh penerimaan uang dari pelanggan. Akibatnya terjadi arus kas masuk dalam perusahaan.

Kelompok Utama Dalam Akuntansi Perusahaan Dagang

  1. Pembelian
  2. Pengeluaran kas
  3. Penjualan
  4. Penerimaan kas

Pada Akuntansi Perusahaan Dagang, lingkungannya memiliki beberapa aktivitas dan beberapa akun yang tidak dimiliki oleh perusahaan jasa, yaitu sebagai berikut :

  • Akun pembelian adalah akun yang berfungsi sebagai penampung kegiatan pembelian barang dagang perusahaan. Pembelian aktiva selain persediaan barang dagangan tidak ditampung dalam akun ini.
  • Akun penjualan adalah akun yang berfungsi sebagai penampung penjualan barang dagangan perusahaan. Aktivitas penjualan aktiva tidak ditampung dalam akun ini.
  • Akun persediaan adalah akun yang mengarah terhadap jumlah barang dagangan oleh perusahaan untuk periode awal atau akhir tertentu.
  • Harga Pokok Penjualan (HPP) adalah harga yang dipakai pada harga pokok atau harga beli barang yang dijual untuk suatu periode tertentu.
  • Akun potongan tunai adalah akun yang dipakai dalam penggunaan jumlah diskon atau pengurangan yang diberikan dari pihak penjual terhadap para konsumen yang disebabkan karena telah membayar secara tunai.
  • Akun retur penjualan adalah akun yang dipakai untuk penggunaan sejumlah barang yang telah dijual akan tetapi dikembalikan oleh pihak pembeli karena adanya kondisi yang tak sesuai  terhadap pesanan.
  • Akun potongan pembelian adalah akun yang dipakai dalam penggunaan pada sejumlah diskon yang telah diberikan oleh produsen kepada pihak pembeli karena telah membayar secara tunai atau kah sudah berada dalam waktu yang ditetapkan.
  • Beban pemasaran adalah beban yang dipakai untuk keseluruhan beban yang telah dikeluarkan oleh perusahaan untuk menjual dan menyalurkan barang-barang dagangannya hingga ke tangan pihak pengguna produk atau konsumen.
  • Beban administrasi dan umum adalah beban yang dipakai untuk keseluruhan beban operasional kantor atau perusahaan sebagai tahap perencanaan dan pengawasan serta kontrol.

Karena Akuntansi Perusahaan Dagang memiliki fungsi utama menjual barang dagangan (persediaan) yang dimilikinya, maka pencatatan dan perlakukan akuntansi terhadap persediaan yang dimiliki perusahaan akan berpengaruh langsung terhadap keseluruhan proses akuntansi di perusahaan tersebut.

Tags:  , ,

Untuk Informasi Lebih Lanjut mengenai Software Akuntansi EASY atau Download Gratis dan Demo Software EASY di Kantor Anda, Silahkan Menghubungi :

Halimahtun Sa’diyah

No. Telp           : 021-58908469

SMS/WA         :083877673377

Pin                   :D25BA557

Email              : marketing@easyaccountingsystem.co.id

10 replies
  1. Kent
    Kent says:

    Great blog here! Also your web site loads up very fast! What host are you using? Can I get your affiliate link to your host? I wish my web site loaded up as fast as yours lol

    Reply
  2. Jamar
    Jamar says:

    My wife and i felt excited when Albert could complete his studies out of the ideas he made from your very own web page. It’s not at all simplistic to simply possibly be giving for free helpful hints which often some other people may have been making money from. We consider we have got the writer to be grateful to for this. All of the explanations you have made, the easy website navigation, the relationships you can aid to create – it’s got everything wonderful, and it’s facilitating our son and the family feel that the situation is exciting, which is certainly very indispensable. Thanks for the whole lot!

    Reply
  3. Felice
    Felice says:

    Thank you for another magnificent post. Where else could anybody get that type of information in such a perfect way of writing? I’ve a presentation next week, and I am on the look for such info.

    Reply
  4. Dale
    Dale says:

    Thanks for another excellent post. Where else could anybody get that type of information in such an ideal way of writing? I have a presentation next week, and I am on the look for such info.

    Reply
  5. Garageband APK
    Garageband APK says:

    Good day! This is my first reply on this site so I simply wanted to give a quick shout out and say I really enjoy reading through your posts. Can you recommend other blogs that go over garageband for ipad? I’m as well pretty intrigued by this thing! Thank you!

    Reply
  6. click for more
    click for more says:

    Hey there! I know this is kinda off topic but I was wondering which blog platform are you using for this site? I’m getting fed up of WordPress because I’ve had issues with hackers and I’m looking at alternatives for another platform. I would be great if you could point me in the direction of a good platform.

    Reply
  7. ödev yapanlar
    ödev yapanlar says:

    Admiring the time and energy you put into your website and in-depth details you offer. It really is nice to discover a blog now and then which isn’t the same old re-written content. Awesome read! I’ve saved your blog and I am adding the RSS feeds to my own homework websites for students website.

    Reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *